Tips Semangat Nugas
Kata Siapa Belajar di Rumah itu Mbosenin?
Assalamualaikum wr.wb
Di artikel kali ini saya mau sharing seputar pengalaman belajar saya di rumah,,,
Dan juga Tips yang mungkin bisa kalian tiru lho!!
Pertama-tama kalian harus tau definisi belajar ya..
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.
Ada beberapa siswa yang kalau udah denger kata belajar bawaannya itu males ya kan?
Sama dong kayak aku Hehe..
Lanjut baca ya... Masih panjang lho😂
-
-
Tapi, ada kalanya kita pending dulu malesnya ya..
Kalian masih ingatkan "Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik" begitu pula dengan kemalasan. Jika, terus-terusan nanti yang ada tugas kalian menumpuk seperti tempat pembuangan sampah Hehe. Ga mau juga kan ngecewaian orang tua kalian yang udah suport dan membiayai sekolah kalian. Memang sih, kalau di rumah bawaannya itu rebahan mulu ga pagi, siang,sore,dan malem juga. Sampai-sampai bunyi notif tugas kita tidak mendengar.Tugas yang menumpuk itu pasti juga membuat rasa malas kalian menambahkan atau bingung mau ngerjain yg mana dulu sangking banyaknya..
Saat pertama memulai pelajaran daring,,
Saya masih sangat asing dengan Google Classroom dan segala fitur yang di beri. Segala kendala seperti absen yang susah dan mengirim tugas yang tidak tau caranya sudah pernah saya lalui. Hingga tugas pertama saya terima, awalnya sangat antusias dan bersemangat untuk mengerjakan. Tapi, ketika tugas video yang saya terima dan membuat ku stres berat, makan tidak teratur tidur tidak cukup dll. Mulailah tugas banyak yang terbengkalai karena saya sibuk memikirkan tugas video itu. Kemudian, setelah saya selesai membuat video itu. Saya jadi, sering menyepelekan tugas dan ini kata-kata yang menggambarkan saya saat itu.
"Kalau bisa di kerjakan nanti kenapa harus sekarang". Karena tenggatnya tidak pada hari itu akhirnya saya memilih untuk mengerjakan tugas yang susah terlebih dahulu. Pada akhirnya, tugas-tugas yang mudah dan yg saya sepelekan menjadi banyak yang telat. Dan tentunya konsekuensinya nilai saya tidak maksimal.
Nah, itu dia yang saya alami sebelumnya...
Mau tau tipsnya... Ini dia...
Tips Semangat Nugas :
1.Berikan Kenyamanan Pada Dirimu
Rasa nyaman ini yang saya maksud adalah ketika kamu merasa belum ada keinginan untuk belajar atau penyakit "M" males itu datang. Rasa nyaman bisa kamu dapatkan dengan cara, yaitu mendengarkan musik kesukaan, menonton tv untuk menghibur sejenak, atau bisa juga bagi gamer untuk main game. Tapi, kalian harus ingat untuk mengtiming dan belajarlah untuk di siplin.
2. Sediakan Beberapa Makanan
Makanan tentunya sangat penting untuk tingkat kesiapan kita menerima pelajaran. Apabila kita lupa makan, dan harus segera mengerjakan tugas maka sebaiknya sediakan cemilan yang cukup untuk mengganjal perutmu. Selain itu, dengan ngemil kita bisa lebih menghilangkan rasa bosan mengerjakan tugas.
3. Carilah Ruang Yang Membuatmu Nyaman
Ruang yang nyaman bagi sebagian orang dapat membuat lebih bersemangat. Dalam hal ini, tidak ada syarat apapun, melainkan sesuai dengan kesukaan masing-masing.
4. Kumpulkan Niat Belajar
Setelah melakukan beberapa hal untuk memanjakan diri kalian. Kini giliran hati dan pikiran kalian yang harus saling berkoordinasi juga. Agar kalian tidak berhenti di tengah jalan karena rasa malas saat mengerjakan tugas.
5. Kerjakan Mulai dari Tenggat Terdekat lalu Termudah
Yang terakhir adalah dalam pengerjaan, batas waktu perlu di perhatikan karena dengan tepat waktu pastinya nilai kita akan jauh lebih baik. Lagi pula bila tidak begitu kita hanya akan membuang-buang waktu karena memikirkan tugas yang sulit dan memakan waktu yg lama. Sehingga, pastinya tugas yg baru datang tidak kita hiraukan sehingga akan menjadi beban pikiran.
Bisa membagi waktu adalah kunci kesuksesan..
Sudah banyak bahasan yang menyebutkan bahwa setiap orang harus pintar membagi waktu dalam menjalankan aktivitasnya. Waktu lebih berharga dari harta karena tidak bisa diulang bahkan dibeli oleh uang. Dalam kualifikasi pekerjaan, biasanya manajemen waktu menjadi salah satu hal yang dinilai karena merupakan kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap karyawan. Banyaknya pekerjaan dan sempitnya waktu kerja membuat Anda harus bisa menunjukkan jika Anda pintar dalam membagi waktu. Bukan hanya itu, ternyata ada manfaat-manfaat yang hanya bisa dirasakan oleh Anda yang pintar membagi waktu. Berikut ini adalah
5 manfaat yang bisa didapatkan jika Anda mengatur waktu dengan baik.
Nah, itu dia Tips dari saya.. Semoga bisa membantu.Tapi sekirannya tidak sesuai dengan keseharian kalian atau kalian enggan merubahnya. Itu sudah menjadi hak pribadi kalian.
Sekian dari saya,
kurang lebihnya saya mohon maaf..
Stay Healthy!! 😊😊






3 Comments
Makasih banyak,tipsnya sangat bermanfaat
ReplyDeleteTerima kasih kembali :)
DeleteWah bikin semangat yaaa...jadi pingin langsung belajar nih, makasih atas tipsnya :)
ReplyDelete